Pupuk dan Pembenah Tanah berbasis humat

Gb1. Pembenah Tanah
Gb1. Pembenah Tanah

Pupuk adalah bahan yang ditambahkan ke dalam media tanam atau tanah  untuk menambah nutrisi tanaman.

Pembenah tanah adalah bahan yang ditambahkan ke tanah untuk memperbaiki kesuburan tanah, baik sifat fisik, kimia, dan biologi tanah.

  1. Perannya dalam sifat fisik tanah:  a).meningkatkan kandungan air melalui penyitaan air, b). memperbaiki agregasi tanah, melalui perenggangan pertikel padat, c) mengikat partikel lepas menjadi agregat.
  2. Perannya dalam sifat kimia tanah: a) menjerap  dan menukarkan kation tanah dengan kation lainnya, sehingga membantu menyediakan nutrisi tanaman,  b). megkhelat kation valensi  ganda sehingga menyeimbangkan kelebihan kation dan mengurangi ion beracun, c). mengikat H+ atau OH-. sehingga menetralkan kemasaman dan kenbasaan tanah
  3. Perannya dalam sifat biologi tanah :  memberikan suasana yang nyaman bagi perkembangan aktivitas mikroba dan fauna beserta ekologinya di dalam tanah. Dekomposisi bahan organic menjadi asam-asam organik dan turuannya menambah nutrisi tanaman dan muatan negatif tanah. Muatan negatif tanah berasal dari gugus fenol dan asam karboksilat.

Asam humat diyakini mempunyai gugus karbon terpanjang dan ikatan kompleks dengan air, logam, nutrisi, dan liat dibanding asam fulvat.

campuran kompos dan KOH 0.1 N (1:10)
Gb.2 Campuran kompos dan KOH 0.1 N (1:10)

Asam humat dapat diekstrak dengan basa lemah ( NaOH atau KOH , dari 0.1 – 0,5 N selama 24 jam pengocokan berselang akan menghasilkan pH larutan sekitar 11. Larutan  mengandung substansi humat (SH) dan  humin kemudian  disaring untuk memisahkan humin dari  SH. Substansi humat mengandung asam humat  (AH) dan asam fulvat (AF). untuk memisahkan keduanya, kedalam larutan SH ditambahkan  H2SO4 atau HCl 6 N  dengan pengadukan konstan hingga pH mencapai 2.  Besarnya jumlah asam humat bahan ditentukan oleh macam bahan organic dan metode ekstraksi. hasil isolasi dan karakterisasi asam humat telah dipresentasikan pada seminar ICGAI dengan alamat :

Kompos  limbah tanaman  memiliki persen  asam humat paling rendah dibanding  batu bara, gambut, pupuk kandang, guano. Asam humat dapat diaplikasikan langsung ke dalam Tanah dalam bentuk cair, powder, atau granul. dengan dosis optimal untuk Tanah salin antara 1-2 g/kg Tanah. Asam humat ( AH) cair dengan BJ 1g/cm3,  diberikan  setara 100-200 ml /3 kg tanah.

Ektrak SH jerami
Gb3. Ektrak SH jerami

Humat blotonghumat serbuk gergaji

Gb. 4 .Humat blotong              Gb. 5humat serbuk gergaji

Asam humat dapat  ditambahkan ke pupuk organik sesuai  kebutuhan. Umumnya pemberian 10%-20% AH ke pupuk organic granul  (POG) sudah mencukupi fungsi amelioran. Penambahan AH pada POG, menyebabkan POG berwarna lebih gelap dibanding sebelumnya.

Asam humat cair dapat dikeringkan secara alami atau dengan pemanasan suhu sekitar 40oC untuk memudahkan penyimpanan.

Gb.4 Humat kering
Gb.4 Humat kering

Asam fulvat bisa digunakan sebagai bahan aditif pembuatan pupuk organik cair atau sebagai pelarut mineral untuk melepaskan unsur nutrisi yang terjerap. Gypsum, Dolomit, SP36 yang dilarutkan ke dalam asam fulfat akan mudah melepaskan  Ca, P , dan Mg.

Hasil penetian  K-humat dan Kation pada perubahan kation Tanah salin dan pertumbuhan jagung telah dipublikasi pada  alamat 
Gb4. Asam Fulfat
Gb 5. Asam Fulfat
Kombinasi AH atau AF dengan nutrisi tersedia pupuk (Urea, ZA, KCL, SP 36,  KH2PO4, NM4NO3) akan menyediakan nutrisi lebih cepat namun tidak mudah hilang ke akar tanaman. hasil aplikasi POC (pupuk organic cair ) berbasis humat dan fulvat untuk sayuran telah diseminar pada Seminar nasional  Sumber Daya Lahan topik Khusus -Teknologi  Pemupukan Dan Pemulihan Lahan Terdegradasi,  BBSDL, Bogor.
Peran Humat dalam tanah dan tanaman
1. Peran AH pada tanah
  •  Asam humat berperan memperlambat kelarutan nutrisi yang dilepas  oleh pupuk (Urea, ZA),
  •  menukarkan kation Tanah garam ( Na, Ca) sehingga menyeimbangkan kation dan menteralkan pH, mengkhelat keracunan Al ,Fe, Mn tanah masam sehingga menambah ketersediaan  P. asam humat menyita air, H2O, sehingga meningkatkan kelembaban tanah.

Tinggalkan komentar